Header Ads

Resep Rujak Cireng Pedas Gurih ala Bunda Mamah Raihan Alfatih

Resep Cara Membuat Rujak Cireng Pedas Gurih | Bunda Mamah Raihan Alfatih | Resep ARKME - Panasnya cuaca beberapa hari ini bunsis. Enak juga klo ditemani sama yang gurih-gurih enyoiii. Di cocol sambal rujak yang pedas, masih ada adonan yang semalam disimpan dikulkas, jadi tinggal goreng kalau pengen. :)

Resep Rujak Cireng Pedas Gurih ala Bunda Mamah Raihan Alfatih
Rujak Cireng Mantap


Resep Cara Membuat Rujak Cireng oleh Mamah Raihaan.

Bahan Biang :
  • 50 gr tepung tapioka/ sagu
  • 150 ml air

Bahan dan bumbu :
  • 100 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1/4 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt royko rasa ayam
  • Garam, secukupnya
  • Irisan daun bawang, secukupnya
  • Irisan daun seledri sedikit saja

Bahan membuat bumbu rujak :
  • 1/2 sdm gula merah
  • 1 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
  • 2 sdm air asam jawa
  • 1/4 sdt garam
  • 50 ml air panas
  • 1/2 atau 1 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat rujak cireng :

  1. Buatlah bahan biang. Panaskan air dan sagu. Aduk sampai menjadi adonan seperti lem bening. Matikan api.
  2. Lalu masukan bahan dan bumbu yang sudah di aduk menjadi satu ke dalam adonan biang sedikit demi sedikit. Uleni seperti mencubit cubit adonan sampai rata, jangan menjadi kalis.
  3. Ambil adonan lalu bulatkan dan pipihkan, jangan terlalu tipis. Beri tepung sagu di telapak tangan agar adonan tidak lengket. Dan tidak menempel satu sama lain.
  4. Setelah semua sudah selesai panaskan minyak di api sedang lalu masak cireng sampai menggelembung dan bali kan. Setelah matang. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan bumbu sambal rujak.
  5. Untuk membuat bumbu rujak dah tau sendiri kan caranya. Ok.

Selamat mencoba resep rujak cireng yang pedas dan gurih ini ya bunda.

Tidak ada komentar