Sabtu, 26 Maret 2016

Resep Cara Membuat Rendang Daging ala Bunda Efiana Azzahra

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi  | Bunda Efiana Azzahra | Resep ARKME - Assalaamu'alaikum Wr.Wb bunda-bunda dan mbak-mbak cantik ARKME. Latepost rendang, kebetulan yang saya bikin kemarin rendang daging rusa, kata mbak cantik saya +Sri Hartantin​ sudah seperti rendang urang Minang saja.

Sapa santun mbak cantik +Ely Arlita​ yang kemarin menyapa saya, di bawah saya coba share resepnya ya mbak cantik, selamat beraktifitas dan salam santun selalu :)

Mohon maaf jika ada kurang lebihnya untuk resep rendang daging sapi yang saya share bunda dan mbak semua :)

Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi, cara masak rendang
Rendang Daging Sapi

Resep cara membuat rendang daging dari dapur bunda Fie

Bahan-bahan :
  • 1 kg daging sapi, cuci bersih, potong-potong
  • 1 ons kacang merah (jika suka), cuci bersih
  • Santan kental 1500 ml (saya dari 4 butir kelapa)
  • Kelapa parut yang di sangrai kemudian di giling sampai keluar minyaknya (saya memakai 1/2 butir kelapa)
Bahan bumbu yang di haluskan :
  • 8 butir bawang merah
  • 6 butir bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/4 sdt jinten
  • 1 sdm peres ketumbar
  • 2 ons cabe merah (bisa di tambah cabe rawit jika suka pedas)
  • 2 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari kunyit
  • 2 ruas jari lengkuas
Bahan bumbu pelengkap :
  • 2 jari kayu manis
  • 5 biji cengkeh
  • 5 biji kapulaga
  • 2 lembar daun kunyit, simpulkan
  • 4 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 3 jari serai, memarkan
  • Garam, sesuai selera
  • Gula pasir sesuai selera, jika tdk suka bisa tidak pakai
  • Royco, secukupnya

Cara membuat rendang daging sapi :

  1. Masukkan semua bumbu yang dihaluskan kedalam santan dan juga semua bumbu-bumbu pelengkapnya, kecuali kelapa sangrainya.
  2. Biarkan hingga mendidih, kemudian masukkan daging dan kacang merah.
  3. Jika sudah mendidih kembali, biarkan hingga santan mengering sambil sesekali di aduk, kecilkan kompor agar daging empuk.
  4. Jika santan sudah agak kering dan daging masih kering empuk, bisa di tambahkan air secukupnya.
  5. Kemudian biarkan hingga santan berkurang sambil sesekali di aduk, jika sudah agak kering / mengeluarkan minyak dan daging serta kacang merahnya sudah empuk, masukkan kelapa sangrai yang sudah di giling, aduk sampai tercampur rata.
  6. Rendang bisa di bikin kering atau agak basah, semua sesuai selera saja, saya kemarin rendangnya agak kering.
  7. Angkat, taruh di pinggan dan sajikan.

Sedikit catatat : Kelapa sangrai bisa tidak pakai jika tidak suka.

Selamat mencoba resep cara membuat rendang daging sapi ini ya bunda. 
Disqus Comments