Header Ads

Resep Caterpillar Bread Isi Peanut Butter Enak ala Bunda inuk handayani

Resep Caterpillar Bread Isi Peanut Butter Enak | ARKME Community | Bunda inuk handayani - Caterpillar Bread Isi Peanut Butter. Resep oleh JTT. Resep adonan roti diadaptasikan dari blog Fresh from The Oven - Caterpillar Bread. Disajikan untuk 15 - 20 buah roti. Silahkan di coba bunda.

Resep Caterpillar Bread Isi Peanut Butter Enak ala Bunda inuk handayani
Hasil Akhir
Resep Caterpillar Bread Isi Peanut Butter Enak ala Bunda inuk handayani
Proses Pembuatannya


Bahan roti :
  • 7 gr ragi instan, sekitar 2 1/4 sendok teh (pastikanfresh dan cek masa kedaluarsanya)
  • 480 gr tepung terigu protein tinggi
  • 300 ml air hangat suam kuku
  • 120 gr tepung terigu serba guna
  • 4 sdm susu bubuk
  • 8 sdm gula pasir
  • 1 butir telur + 1 butir kuning telur, kocok lepas
  • 60 gr mentega/margarine (sekitar 4 sdm)
  • 1 sdt garam

Bahan lainnya:
  • Selai kacang/peanut butter secukupnya untuk isi roti/mesis
  • Beberapa butir cengkeh untuk mata ulat/coklat chips
  • Susu cair atau kocokan telur untuk olesan roti

Cara membuat caterpillar bread isi peanut butter :

  1. Siapkan mangkuk kecil, masukkan ragi, air hangat dan 2 sendok makan gula pasir. Aduk hingga rata dan biarkan selama 15 menit hingga muncul gelembungbusa di permukaan air.
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, sisa gula pasir, garam, dan susu bubuk. Aduk hingga rata. Tuangkan larutan ragi dan telur kocok, aduk dengan spatula hingga menjadi adonan yang lembab dan kasar. Tambahkan mentega/margarine, aduk rata.
  3. Siapkan meja datar, taburkan tepung terigu pada permukaan meja. Tuangkan adonan ke atasnya. Lumuri permukaan tangan anda dengan tepung dan mulailah menguleni adonan hingga menjadi kalis. Adonan tidak terlalu lembek dan lengket jadi tahan diri anda untuk terlalu banyak menuangkan tepung terigu.
  4. Jika adonan tidak menempel lagi di meja dan tangan anda, terasa lembut dan elastis, bulatkan adonan. Lumuri permukaan mangkuk bekas mengaduk adonan dengan minyak goreng secara merata. Letakkan bola adonan di tengah mangkuk, tutupi permukaannya dengan kain. Diamkan adonan selama minimal 1 jam hingga mengembang minimal dua kali lipat. Kempiskan adonan dengan meninjunya.
  5. Bentuk adonan menjadi batang panjang, potong-potong adonan menjadi 15 atau 20 bagian yang sama besarnya. Jika ingin ukuran roti yang sama, timbang masing-masing potongan. Bulatkan masing-masing adonan. Tata bulatan adonan di permukaan meja datar atau wadah datar, tutupi permukaannya dengan kain, diamkan hingga mengembang dua kali lipat.
  6. Taburi permukaan meja dengan sedikit tepung, ambil sebuah bola adonan, jangan dikempiskan. Gilas adonan hingga menjadi bulat sedikit memanjang. Diameter adonan sekitar 15 cm. Letakkan selai kacangagak di tengah adonan, banyaknya selai kacang tergantung selera anda. Gulung adonan sehingga selai kacang tertutup adonan, tekan sedikit adonan hingga menempel agar selai tidak mengalir keluar.
  7. Iris-iris sisa adonan dengan ketebalan 1 - 1 1/2 cm, tebalnya irisan tergantung selera anda, makin tipis irisan maka guratan ulat yang anda hasilkan akan semakin banyak. Tarik irisan ke tengah hingga menutupi adonan tempat selai kacang berada. Aturagar rapi, kemudian tekan-tekan sisinya sehingga irisan tertekuk di bawah roti dan menempel.
  8. Tekuk adonan roti yang telah berhasil anda buat sehingga menyerupai lekukan ulat. Gunakan kreatifitas anda untuk membuat bentuknya cantik. Tusukkan dua buah cengkeh di salah satu ujung adonan sebagai mata si ulat. Tata roti di atas permukaan loyang datar yang telah dialasi kertas baking sebelumnya. Beri jarak antar roti.
  9. Panaskan oven disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven.
  10. Tutup roti dengan kain bersih hingga mengembang, selama 15 - 20 menit. Olesi permukaan roti dengan susu cair atau kocokan telur. Panggang selama 15 - 20 menit dengan api atas bawah hingga permukaannya mejadi kecoklatan. Keluarkan dari oven, dinginkan di rak kawat dan siap disantap! Yummy!

Walaupun cara membuatnya yang susah dan lumayan lama, tapi begitu sudah jadi rasanya tidak rugi bunda. Selamat mencoba Caterpillar Bread Isi Peanut Butter  ini di rumah ya. :)

Tidak ada komentar